Tidak dipungkiri lagi bahwa tekhnologi telah berkembang dengan sangat cepat seiring berjalan waktu. Dari tahun ke tahun selalu ada inovasi terbaru dan tercanggih dari setiap tekhnologi. Inovasi itu diciptakan agar memberi dampak positif bagi kehidupan manusia. Namun, hal negatif pasti akan muncul di balik hal positif.

Berikut contoh dampak positif dan negatif dari perkembangan TI :

Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi lainnya misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain adalah bermunculannya polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan yang dikenal dengan M-Banking (Mobile Banking).
Pernahkah kita sadari di lain sisi, kita mendengar dampak negatif dari pemanfaatan teknologi? Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya, hal ini disebabkan pengaruh radiasi monitor komputer yang terserap ke otak melalui matanya. Atau seperti kejadian di Thailand di mana seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permainan bomber man. Di bidang kriminalitas, walaupun belum ada penelitian yang kongkret tapi dipercaya, bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. (sumber : http://fatkun.wordpress.com/2007/06/19/dampak-positif-teknologi-informasi/)

Dari contoh di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa setiap perkembangan tekhnologi akan membawa kebaikan dan kemudahan bagi setiap penggunanya. Namun jangan sampai kita terlena dengan kemudahan yang diberi oleh tekhnologi itu sendiri, karena setiap hal buruk itu akan muncul saat kita tidak bisa membatasi diri atau berlebihan dalam suatu penggunaan.