Banjarmasin mempunyai banyak sekali makanan khas atau daerah yang enak. Salah satunya yang paling terkenal adalah Soto Banjar. Soto banjar ini berbeda dengan soto surabaya, soto ayam, soto babat atau soto-soto lainnya, karena rasanya yang lebih gurih.

Mengapa soto banjar mempunyai rasa yang berbeda dengan soto-soto lain ? Bahan dasar dari soto ini adalah rempah-rempah, seperti kapulaga, kayumanis, cengkeh, serta bunga sisir yang diramu ke dalam kuah, tapi tidak menggunakankunyit. Kalau anda berkunjung ke Banjarmasin dan ingin mencoba soto banjar ada bisa dating ke warung soto Bang Amat, soto Yana Yani, atau soto Bawah Jembatan. 3 tempat ini adalah 3 tempat yang terkenal untuk menikmati soto banjar karena rasanya. Uniknya, ke-3 tempat ini dibangun di atas sungai, bukan di atas tanah.

Soto banjar biasa disajikan dengan nasi atau lontong. Agar tidak salah memesan, anda harus tau perbedaannya. Jika anda ingin makan soto dengan nasi, pesanlah nasi sop, dan jika ingin memakan dengan lontong pesanlah soto. Secara rasa keduanya tidak berbeda, hanya berbeda penyebutannya saja. Agar soto banjar terasa lebih nikmat, jangan lupa pesan sate ayam juga, dan teh es sebagai minumnya.

Makanan khas Banjarmasin lainnya adalah nasi kuning. Nasi kuning Banjarmasin juga sedikit berbeda dengan nasi kuning lainnya. Nasi kuning ini hanya nasi dan lauk, lauk nya bisa ayam, telur, ikan haruan, bisa juga sambal goreng hati yang dimasak bumbu bali atau di banjar disebut bumbu masak habang.

Selain makanan, Banjarmasin juga mempunyai kue khas, atau yang biasanya disebut wadai. Wadai yang paling terkenal adalah Bingka. Bingka biasanya menjadi makanan untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Bingka akan mudah ditemui saat bulan Ramdhan, saat hari biasa atau bukan bulan Ramadhan mungkin agak susah mencari tempat penjualan bingka, karena hanya ada beberapa yang menjual di luar bulan Ramadhan. Bingka mempunyai berbagai macam rasa, ada yang pandan, kentang, tapai ketan, tapai ubi, telur, bahkan belakangan sudah dicampur dengan keju dan coklat. Bahan dasar kue ini adalah tepung terigu, santan, telur ayam, gula pasir yang bentuknya menyerupai bunga yang sedang mekar dengan enam sudut.

Klepon, juga merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin, lebih tepatnya khas dari Martapura. Dibuat dengan adonan tepung beras dan ketan serta gula pasir dibentuk bulat berwarna hijau. Biasanya klepon Martapura berisi gula merah dan ditaburi kelapa parut.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan dan kue khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tapi ini saja sepertinya cukup untuk menjelaskan sedikitnya tentang makanan khas kampung halaman saya.

About these ads